PHRI Sulawesi Selatan Ikut Kompetisi Anugerah PHRI 2018

Sebagai upaya untuk terus meningkatkan dan menumbuhkan tujuan destinasi wisata, pada peringatan ulang tahunnya yang ke-50, Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) mengelar  program Anugerah PHRI 2018.

Tujuan  Anugerah PHRI 2018  ini adalah mendorong  sebuah upaya untuk bersama-sama meningkatkan performance pelayanan optimal kepada seluruh konsumen yang akan bermukim dan mampir di hotel-hotel dan restoran nasional.

Misi program Anugerah PHRI 2018 ini yakni memilih dan mempromosikan hotel dan restoran terbaik dalam skala nasional. Juga untuk menampilkan hasil karya kreatif anak bangsa dalam dunia perhotelan dan kuliner (restoran). Serta menghimbau dan mengajak lebih banyak lagi pelaku industri untuk bergabung dalam organisasi PHRI.

Ketua BPD PHRI Sulawesi Selatan Anggiat Sinaga pada jumpa pers Senin (26/11/18) siang di Executive Lounge Claro Hotel Makassar mengakui bahwa bisnis perhotelan dan restoran merupakan penggerak ekonomi daerah dan nasional.

“Kalau di Bali bisnis perhotelan dan restoran adalah penyumbang terbesar PAD. Sedangkan di Makassar nomor dua. Artinya pendapatan dari pajak hotel dan restoran itu sangat signifikan dalam peningkatan ekonomi daerah sekaligus ekonomi nasional,” jelas Anggiat Sinaga. “Diharapkan dengan adanya Anugerah PHRI dapat menstimulus performance layanan hotel dan restoran agar lebih optimal,” tambahnya.

Ketua Panitia Seleksi Anugerah PHRI Sulawesi Selatan Dr. Andi Hasbi, S.Sos, MM yang hadir pada kesempatan itu menyampaikan kategori hotel dan restoran yang dinilai.

“Ada 8 kategori perhotelan yang akan dipilih yaitu; Best Resort Hotel, Best City Hotel, Best Affordable Hotel, Bintang 1 terbaik, Bintang 2 terbaik, Bintang 3 Terbaik, Bintang 4 terbaik dan Bintang 5 terbaik. Delapan kategori hotel ini kita ikuti. Sedangkan kategori restoran ada tiga yaitu Indonesian/Nusantara Food, Oriental Food, dan Continental  Food. Tapi kita hanya akan mengikuti 2 kategori restoran saja, tanpa Continental Food,” jelas Hasbi.

Anugerah PHRI 2018 ini dapat diikuti seluruh pelaku industri hotel dan restoran nasional atas rekomendasi BPD dan BPC PHRI seluruh Indonesia. Begitu pun seluruh member dan non member PHRI mendapatkan hak yang sama untuk dipilih pihak BPD-BPC PHRI guna ikut dalam perlombaan atau kompetisi ini.

Di akhir jumpa pers, Ketua Indonesian Hotel General Manager Association  (IHGMA) Sulawesi Selatan Andi Junaedi  berharap setidaknya ada 2 kategori penilaian yang  anugerahnya bisa dimenangkan hotel di Sulawesi Selatan.

“Saya kira dua kategori yang pertama Best City Hotel dan salah satu kategori hotel bintang,” ujar Andi Junaedi. “Karena ada beberapa hotel di Makassar yang sudah sering menerima penghargaan atau award,” kuncinya.

Penilaian Anugerah PHRI 2018 ditingkat BPD dan BPC sudah dimulai bulan November ini. Sedangkan penilaian dan pengumuman penerima anugerah secara nasional akan diumumkan PHRI Pusat pada Februari 2019 mendatang. (IJ)

Share