Abraham Samad Ketua KPK

 

Doktor Abraham Samad SH akhirnya terpilih sebagai Ketua baru Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) periode 2011-2015 dalam voting yang dilakukan Komisi III DPR, Jumat (2/12). Pria kelahiran Makassar, Sulawesi Selatan, itu meraih 43 suara, menyisihkan empat pimpinan KPK terpilih lainnya, yakni Bambang Widjaoanto, Adnan Pandu Praja, dan Zulkarnain, serta Ketua KPK saat ini Busyro Muqqodas.

Voting diikuti sekitar 56 anggota Komisi III. Masing-masing anggota Komisi III memberikan suaranya untuk menentukan ketua lembaga anti-korupsi itu ke depan. Setiap anggota Komisi III diberikan kertas yang isinya lima nama calon ketua KPK. Kemudian masing-masing anggota dewan memilih satu dari lima nama tersebut dengan melingkarinya.

Dari hasil penghitungan, Abraham Samad meraih 43 suara, diikuti Bambang Widjojanto empat suara, kemudian Adnan Pandu tiga suara. Di tempat keempat ada Zulkarnain yang meraih satu suara, dan Busyro Muqqodas yang kini menjabat ketua KPK hanya meraih lima suara. Empat pimpinan KPK itu otomatis akan menjabat  wakil ketua KPK.

Abraham Samad lahir di Makassar, Sulawesi Selatan, 27 November 1966 silam. Ia menyelesaikan jenjang pendidikan hukum dari Strata 1 hingga Strata 3 di Universitas Hasanuddin. Di Unhas, ia meraih gelar doktor pada 2010.

Sejak 1966 sampai sekarang, Abraham Samad masih berkarier sebagai advokat. Ia termasuk pengacara dengan latar belakang LSM. Sebab, Abraham adalah seorang penggagas sekaligus Koordinator ACC (Anti Corruption Committee) di Sulsel. Di LSM itu, ia sangat fokus dalam mendorong terciptanya sistem pemerintahan yang baik serta sistem pelayanan publik yang maksimal dengan sasaran pemberantasan korupsi.

(sumber: metrotvnews.com)

Share