Asus EeeBook X205TA, Serba Ringan untuk Harian

indexSerba Ringan untuk Harian

Mungkin diantara Anda ada yang ingat dengan kemunculan EeePC pertama ASUS yang disambut sangat hangat oleh konsumen dan menjadi produk legenda hingga hari ini. Lewat produk inilah ASUS terus memperluas jajaran laptop mereka hingga hari ini. Kini, model EeePC berevolusi dalam bentuk baru yang lebih intuitif dan bergaya lewat generasi terbarunya: EeeBook. Anda akan segera terpana sejak pandangan pertama.

EeeBook X205TA menjadi seri paling segar yang dihadirkan ASUS sebagai laptop mini untuk menemani aktivitas mobile Anda sehari-hari. Kemunculannya diposisikan sebagai notebook untuk komputasi ringan yang nyaman dibawa bepergian namun tetap memuat beragam fitur yang bermanfaat dalam menunjang produktivitas serta mampu menyajikan hiburan terbaik. Yang tak kalah menarik, laptop mini ini hadir dengan harga jual yang terjangkau dan cocok untuk kalangan pelajar.

Desain Cantikindex1

Sebagai notebook untuk keperluan ringan, ASUS EeeBook X205TA hadir dalam desain praktis yang minimalis namun dengan polesan yang terlihat mewah meski memakai bahan plastik yang ringan. Keseluruhan bodi terlihat manis dengan gaya sudut membulat dan pewarnaan yang merata disekujur tubuhnya. Laptop hadir dalam empat warna solid: Shadow Black, Elegant White, Urban Red, dan Champagne Gold.Mungkin banyak juga laptop ringan seperti ini, namun ASUS menghadirkannya dengan beragam varian warna yang lebih kaya.

index2Anda akan suka dengan desain ramping khas netbook pada produk ini. Dengan tebal hanya 1,75cm, yang bahkan lebih langsing dibandingkan jari Anda, EeeBook X205TA memang tampak begitu memikat. Bobotnya pun hanya 0,98kg yang menjadikan laptop ini sangat nyaman meski digenggam hanya dengan satu tangan.Dibandingkan dengan MacBook Air 11.6 dengan konsep desain yang sama (tebal 1,7kg dan bobot 1,08kg) , EeeBook X205TA bahkan lebih ringan bobotnya. Untuk Anda yang kerap bepergian dengan membawa beragam barang tentu akan senang karena laptop ini tak akan membebani seperti laptop umumnya.

index3Selain ramping pada bagian bodi, adaptor laptop ini pun didesain kompak (ukuran 5,3×5,3 cm) dengan panjang tak lebih dari sebuah kartu kredit atau juga sebuah mouse. Bentuknya yang lebih kecil dibandingkan adaptor laptop umumnya membuat adaptor ini sangat praktis dibawa serta.

Dimensi Bobot
Asus EeeBook X205TA 28,6×19,33×1,75 cm 0,98 kg
HP Stream 11 30x20x2,1 cm 1,24 kg
Acer Aspire V3-111P 29,1×21,1×2,17 cm 1,39 kg
Apple MacBook Air 11.6 30×19,2×1,7 cm 1,08 kg

Layar Lega Impresif

index4Graphic4aLayar ukuran 11,6 inci pada ASUS EeeBook X205TA tak hanya terlihat luas, namun juga hadir dengan tepi layar 1,45cm yang terbilang tipis dibandingkan produk sekelas. Tampilan layar juga tetap didukung teknologi khas ASUS Splendid demi menghadirkan displai terbaik sesuai kebutuhan penggunanya. Tersedia empat pilihan displai (Normal, Theater, Vivid, Manual) untuk berbagai keperluan. Apapun yang Anda lihat akan tersaji lebih hidup berkat teknologi ini.

Prioritas Konektivitas

index5Meskipun muncul dengan konsep notebook mini, namun fasilitas input-output (I/O) di ASUS EeeBook X205TA tetap menyertakan I/O esensial seperti port USB dan jack audio 3,5mm. Disini tak lupa disertakan slot memori microSD dan micro HDMI demi memperluas storage konektivitas ke media lain. Dua konektivitas ini kerap luput hadir pada produk kompetitor, padahal fungsinya akan sangat membantu pengguna saling berbagi-pakai file dan juga menampilkan displai ke layar yang lebih luas.index6Oh ya, untuk setiap pembelian ASUS EeeBook X205TA ini juga akan diberikan bonus microSD Sandisk Ultra kapasitas 64GB. Kombinasi dari storage internal eMMC64 ditambah microSD 64GB ini akan menghasilkan total storage flash 128GB yang cukup untuk sistem ringan namun tetap mampu bekerja baik dan yang terpenting juga tahan terhadap guncangan.

Navigasi Intuitif dan Nyaman

Meski hadir dengan konsep notebook mini, ASUS EeeBook X205TA tetap memikirkan kenyamanan pengguna agar tetap nyaman memakainya dalam waktu yang lama. Karenanya, sektor input seperti keyboard dan touchpad didesain dengan seksama. Modul keyboard disini hadir dalam desain full-size chiclet yang manis dengan jarak penekanan hingga 1,6mm yang memberi rasa nyaman saat diketuk. Asal tahu saja, ASUS telah merancang keyboard ini agar mampu bertahan hingga sedikitnya 10 juta kali ketukan.index7

Kindex9husus area touchpad pun dibuat 36% lebih luas dibandingkan laptop berlayar 11,6” umumnya sehingga pergerakan jari akan terasa lebih leluasa. Yang juga menarik, navigasi di permukaan touchpadini memberikan sensasi sensitif layaknya layar sentuh pada smartphone. Anda akan merasakan kemudahan dalam menggeser halaman, memperbesar dan memperkecil index8image, dan navigasi dengan jari lainnya terasa menyenangkan di sistem Windows 8.1 yang diusung laptop ini.

Kinerja Multitasking Prima dan Tahan Lama

Untuk mendukung aktivitas komputasi mobile lebih mulus, ASUS EeeBook X205TA didukung prosesor Intel Atom generasi Bay Trail-T Z3735 1,33GHz. Chip quad-core ini diciptakan khusus untuk perangkat ultra mobile guna menghadirkan komputasi multitasking yang mantap untuk beragam aktivitas seperti browsing, pengolahan dokumen (office), memutar video, hingga bermain game 3D ringan. index10Semua ini dengan tidak melupakan konsumsi daya yang efisien sehingga mampu menekan pengeluaran panas serta menghemat daya baterai.Nah, salah satu keistimewaan menarik di laptop yang ditenagai baterai Lithium-Polimer 38Whrs ini adalah kemampuan daya tahan pemakaiannya yang panjang. Ujicoba proses browsing dengan tingkat kecerahan layar 40% dan volume speaker 50% mampu memperlihatkan daya tahan penggunaan hingga 12 jam dihitung dari kondisi baterai penuh. Capaian yang luarbiasa dibandingkan laptop ringan sekelas sepertiMacBook Air 11 yang hanya bertahan sekitar 9 jam saja. Dengan kelebihan pada masa pakai yang lama inilah EeeBook X205TA juga layak digunakan pengguna bisnis yang membutuhkan laptop ringan yang memiliki daya tahan pakai yang panjang.index11Penggunaan CPU Atom Z3735F dengan Scenario Design Power (SDP) hanya 2,2 watt memang memberi keuntungan pada kinerja prima tanpa harus mengkonsumsi banyak energi. Tak heran bila EeeBook X205TA tidak perlu menempatkan kipas pendingin (fanless design) yang berujung pada desain lebih ramping, tidak berisik kala bekerja, dan meminimalkan masuknya debu ke bagian dalam casing.

Speaker Stereo Depanindex12

Meski tergolong notebook mini yang lebih fokus untuk penggunaan pekerjaan ringan namun ASUS EeeBook X205TA tetap memperhatikan faktor penunjang hiburan. Untuk itu dibagian depan-bawah ditempatkan sepasang speaker stereo yang melibatkan teknologi pemrosesan audio SonicMaster untuk menyajikan audio yang detil dan kuat. Daya output speaker rata-rata 10% lebih kuat dibandingkan rivalnya dan juga mampu meminimalkan noise hingga 25% lebih baik dibandingkan kompetitor. Jadi bisa dibilang laptop mini ini tetap bisa diandalkan untuk aktivitas yang membutuhkan sektor audio yang baik.

Selalu Terhubung dengan Connected Standbyindex13

Ada satu fitur menarik di ASUS EeeBook X205TA yang pasti amat membantu Anda yang harus selalu terkoneksi dalam jaringan Internet, inilah yang disebut teknologi Connected Standby Konsep selalu terhubung ini layaknya penggunaan smartphone dimana konten dari aplikasi seperti email, twitter, dan lainnya selalu ter-update. Melalui fasilitas WiFi, semua materi didalam laptop yang berkaitan dengan jalur online akan tetap berjalan secara realtime meskipun cover notebook dalam posisi menutup. Disini juga dilibatkan teknologi ASUS Instant On dimana notebook bisa langsung menyala dalam waktu hanya 2 detik dari kondisi standby. Asal Anda tahu, tidak banyak laptop selevel yang memiliki fungsi update seperti ini.index14Fasilitas WiFi yang mendukung standar 802n disini menawarkan transfer data tinggi hingga jarak maksimal 300 meter pada kondisi luar (outdoor). Jarak jangkau yang luas ini membuat pengguna tak perlu repot harus selalu mendekati area router untuk mendapatkan sinyal.

Dukungan Aplikasi Siap Pakaiindex15

Anda ingin laptop yang dibeli sudah bisa langsung dipakai tanpa perlu repot menambah ini-itu? Jangan cemas, ASUS EeeBook X205TA sudah disertakan dengan sistem operasi Windows 8.1 Bing yang kompatibel dengan beragam hardware dan software. Paket notebook juga termasuk aplikasi Microsoft Office 365 (Word, Excel, PowerPoint, Outlook, Access, Publisher, dan OneNote) selama 1 tahun. Pengguna pun akan mendapatkan layanan cloud ASUS WebStorage sebesar 500GB yang gratis selama 2 tahun. Oh ya, dengan memanfaatkan aplikasi Office 365 melalui akun Microsoft juga memungkinkan Anda mendapatkan ruang penyimpan cloudMicrosoft One Drive sebesar 1TB.Total 1,5TB kapasitas yang diberikan ini jauh lebih besar (300x) dibandingkan jatah yang diberikan iCloud dari MacBook Air yang hanya 5GB.

Benchmark Kinerja ASUS EeeBookX205TA

Dukungan prosesor quad-core Intel Atom BayTrail-T di ASUS EeeBook X205TA akan membuat pengguna mendapatkan kinerja komputasi yang mulus dan stabil. Proses multitasking pun berjalan lancar dalam menjalankan aktivitas browsing, nonton video, maupun bermain game. Mungkin saja Anda berpikir, laptop ringan lainnya ada yang lebih bertenaga seperti halnya MacBook Air 11. Namun jangan lupakan faktor harga karena ASUS EeeBook X205TA ternyata 3x lipat lebih ekonomis. Inilah poin rasional yang patut diperhitungkan.index17Spesifikasi

Model EeeBook X205TA
Prosesor Intel Atom BayTrail-T Z3735Fquad-core
(Burst up-to 1,83GHz, Cache 2MB)
RAM DDR3L 2GB
Sistem Operasi Windows 8.1Bing 32-bit
Grafis Onboard Intel HD Graphics
Internal storage eMMC 64GB + SandiskmicroSD 64GB
Layanan Cloud Asus WebStorage 500GB (gratis 2 tahun)
Microsoft One Drive -1TB
Wireless Dual-band 802.11a/b/g/n, Bluetooth 4.0
Konektivitas 2x USB 2.0
1x micro HDMI
1x Headphone/Mic combo jack
Micro SD/SDHC/SDXC reader
Kamera VGA Web Camera (front camera)
easy for video conferencing.
Audio Built-in frontspeaker stereo (2W x 2)
Built-in microphone
SonicMaster
Layar 11,6” @ 1366×768 / rasio 16:9 / Glare Panel
Baterai Lithium Polimer 38Whrs (12 jam browsing)
3times battery life than li-ion Battery
Bobot / Dimensi 0,98 kg / 28,6×19,33×1,75 cm
Keyboard& Toucpad Full-sizechiclet keyboard
1,6mm of key travel distance
Large Touchpad (identical on 14” notebooks)
Adaptor AC Output 19V DC 1,75A, 33W
Input 100~240V AC, 50/60Hz universal
5,3×5,3 cm of pocket sized power adapter
Aplikasi Office 365 (gratis 1 tahun)
Situs Web www.asus.com/id
Garansi 1 Tahun Garansi Global
Harga kisaran* Rp 4.199.000

========

Pengujian Ekstrim Demi Kualitas Terbaik

Untuk mendapatkan notebook berdaya tahan tinggi, semua notebook ASUS telah melalui proses pengujian yang memastikan setiap model tahan banting dan dapat diandalkan. Dalam prosesnya, semua notebook ASUS diuji dengan cara yang tidak biasa agar ketika sampai di tangan konsumen memang benar-benar memiliki adaptasi fisik yang kuat.

Tes Keyboard

Setiap tuts di keyboard diketuk berkali-kali oleh jemari robot untuk emmastikan keyboard nyaman dipakai dan tetap handal setelah tekanan yang keras sekalipun. Tes seperti ini umumnya diperlukan mengingat tiap tus di keyboard rentan lepas atau rusak setelah dipakai mengetik terus-menerus dalam waktu yang lama.

Tes Abrasif

Bodi bagian luar dari laptop diuji pada permukaan kasar untuk mengetahui daya tahan permukaan dan warna. Biasanya bagian terluar laptop memang mudah mengalami “aus” yang seringkali membuat penampilan berubah.

Tes Kebisingan

Untuk hadir sebagai notebook yang nyaman dipakai, tiap laptop menjalani tes kebisingan suara yang biasanya diakibatkan putaran kipas dan noise dari dalam laptop. Tes juga mencakup pengurangan level bising, tes kipas yang tak berisik, hingga cek segel disetiap komponen.

Tes Tekanan

Bagian layar yang tergolong paling rapuh dicoba dengan tekanan tertentu untuk memastikan cover pelindungnya cukup kuat menahan beban.

Tes Engsel

Faktor engsel yang seringkali bermasalah diuji dengan melakukan buka-tutup cover sedikitnya 20.000 kali untuk mengukur kekuatannya.

Tes Getaran

Tes ini dijalankan dengan menempatkan notebook pada beberapa kondisi/frekuensi getaran guna memastikan konstruksi luar dan bagian dalam dalam notebook ASUS tetap terpasang rapat dan tak lepas/kendur.

Tes Goncangan

Selama proses pengiriman/distribusi dan juga pemakaian harian, biasanya paket notebook akan mengalami goncangan. Tes ini memastikan setiap notebook tetap dapat beroperasi dengan baik setelah mengalami goncangan seperti ini.

Tes Pemelintiran

Seringkali orang membuka-tutup cover notebook dengan satu tangan yang menyebabkan bagian layar menjadi lentur. Uji ini mengukur seberapa kuat rangka bodi mampu melindungi keseluruhan notebook.

Tes Akselerasi Tinggi

Notebook akan dicoba digerakkan dalam kecepatan tinggi. Tes HALT (Highly Accelerated Life Test) merupakan simulasi pergerakan notebook untuk kemudian dianalisa teknisi untuk meminimalkan masalah yang mungkin terjadi.

Tes Port

Setiap port I/O akan diuji dengan memasukkan dan mencabut konektor berkali-kali untuk menjamin tiap lubang tetap kuat tanpa mengalami penurunan kualitas dan kecepatan transfer data.

Tes Temperatur

Inilah pengujian notebook terhadap suhu rendah dan tinggi serta berbagai level kelembaban udara. Setiap bagian notebook disini telah diperkuat untuk menjamin daya tahan yang tinggi menghadapi berbagai kondisi cuaca.

Tes Jatuh

Akan sangat bagus bila sebuah notebook yang dijatuhkan tak langsung rusak. Rangkaian tes jatuh ini mampu mengukur seberapa kuat sebuah notebook bertahan terhadap berbagai kejadian yang tak terduga.

Beberapa Alasan untuk Memilih ASUS

1.Keindahan Visual

Berbekal teknologi Asus Splendid yang digabungkan dengan sistem panel dan software canggih memungkinkan pemakai mengatur tampilan warna pada konten apapun. Hasilnya, tampilan layar akan tampak lebih hidup dan detil.

2.Suara yang Mengesankan

Teknologi khas SonicMaster menghasilkan kualitas audio yang berkelas. Output suara akan tampil lebih kuat, detil, dan akurat. Dukungan AudioWizard yang intuitif juga menyajikan 5 pilihan mode audio yang akan menyesuaikan mode suara sesuai kondisi yang diinginkan.

3.Fitur Sentuh Intuitif

Ukuran aktuator (area) titik sentuh yang mencapai 6mm membuat layar sentuh lebih sensitif dan berpresisi tinggi. Sangat membantu untuk aktivitas menggambar atau menulis yang membutuhkan kecermatan tinggi.-Keyboard ASUS mampu menerima tekanan puncak 62 gram yang merupakan nilai terbaik untuk mengetik cepat, akurat, dan tak melelahkan untuk waktu yang lama.-Area Touchpad yang luas dengan fungsi lebih banyak membuat pergerakan jari jadi lebih leluasa dan memudahkan fungsi gesture yang lebih beragam.

4.Respon yang Cepat

Fitur Instan On 2 detikdari kondisi standby sangat efisien menghemat waktu tunggu agar notebook segera siap dipakai bekerja.-Berkat teknologi Super Hybrid Engine pada mainboard memungkinkan notebook dalam kondisi tidur (sleep) mampu bertahan hingga 2 minggu lamanya.-Fungsi backup otomatis membuat sistem segera melakukan penyimpanan data (backup) pada saat kapasitas baterai tersisa kurang dari 5%.

5.Layanan Cloud ASUS WebStorage

Fasilitas penyimpanan data berbasis cloud dengan antarmuka user friendly yang memudahkan pengguna berbagi-pakai konten dengan mudah dan cepat kepada keluarga dan teman-teman, kapan pun dan dimana pun. (Advertorial)

Share