ASUS ZenFlash AFLU002 “Blitz”-nya Zenfone 2

zenflash1Lampu flash saat ini telah semakin lazim digunakan pada kamera smartphone dengan tujuan untuk menghasilkan foto yang lebih baik. Di pasaran sendiri ada dua jenis lampu yang biasa digunakan, yakni LED flash dan Xenon Flash.

Yang sangat disayangkan, elemen yang menggunakan penerangan berbasis LED rasanya belum mampu menghasilkan foto-foto berkualitas bagus di kondisi pencahayaan kurang. Setidaknya jika dikomparasi dengan Xenon flash (lampu flash tambahan) yang biasanya siap digunakan pada kamera professional.

Namun demikian, ASUS kini telah meluncurkan smartphone dengan aksesoris yang memiliki kemampuan seperti Xenon flash untuk menghasilkan foto-foto yang keren. Akesoris tersebut dinamakan dengan ASUS ZenFlash.

ASUS Zenflash adalah sebuah dongle yang compact dan juga sangat mudah digunakan. Aksesoris tersebut dapat mengubah smartphone Anda menjadi bagaikan sebuah perangkat fotografi sekelas kamera profesional dengan lampu aksesoris berjenis Xenon Flash.

Berikut ini fitur-fitur utama ASUS Zenflash:

  1. Memiliki nilai GN (Guide Number) 4.8 yang mampu menawarkan penerangan 100 kali lebih baik dari lampu kamera flash (LED) pada kamera smartphone.
  2. Bisa dikoneksikan dengan USB OTG, tanpa baterai dan charger.
  3. Hanya diperuntukan bagi ZenFone 2 series
  4. Disertakan pelindung kabel USB

Catatan: GN adalah angka yang mengindikasikan kekuatan jangkauan maksimum pancaran cahaya lampu kilat (flash). Semakain tinggi nilai angka GN sebuah lampu kilat, maka intensitas dan jangkauan cahaya akan semakin lebar dan jauh.

zenflash2

Di dalam kotak kemasan Zenflash, Anda akan menemukan pelindung, sepotong velcro yang berguna untuk memastikan perangkat tetap aman, buku petunjuk, dan kartu garansi.

zenflash3

Inilah pelindung Zenflash yang terdapat di dalam boks pembungkus. Dengan menggunakan protective sleeve tersebut, Anda dapat menyimpan Zenflash dengan mudah (sebagai gantungan kunci) dan dapat langsung dipasang dengan mudah setiap saat Anda ingin menggunakannya.

Pelindung (protective sleeve) tersebut terbuat dari material berbahan karet yang keras sehingga dapat menahan ASUS Zenlash tetap aman di tempatnya. Desain dan warna sangat menarik dan menyenangkan dipandang. Untuk bodinya sendiri, ASUS Zenlash memiliki eksterior dari bahan plastik dengan ukuran 48 x 30 x 15.7 mm dan berat 20 gram.

zenflash4

Zenflash juga merupakan sebuah aksesoris yang dirancang khusus hanya untuk smartphone terbaru ASUS yakni seri ASUS Zenfone 2. Perangkat tersebut akan aktif manakala mendeteksi keberadaan cahaya yang kurang disekitarnya (akan dijelaskan kemudian).

Alat tersebut membutuhkan sambungan USB OTG untuk disambungkan dengan lubang charger di Zenfone 2. Kabelnya juga dapat tersimpan dengan rapi dilipatkan di sekeliling body Zenflash.

zenflash5

Pada box juga disediakan velcro yang berguna untuk untuk menempelkan Zenflash dengan smartphone ASUS Zenfone 2 agar dapat terpasang dengan baik.

zenflash6

Pada kemasan, ASUS menyediakan dua buah velcro. Yang satu telah terpasang pada body Zenflash, dan satunya lagi sebagai backup.

zenflash7

Inilah bentuk velcro yang telah terpasang di pada Zenflash. Cara memasangnya cukup mudah, pertama gosoklah bagian punggung ASUS Zenfone 2 hingga bersih, lalu kemudian pasangkan velcro-nya.

zenflash8

Setelah itu pasangkan seperti ini dan koneksikan Zenflash dengan konektor USB pada Zenfone. Dan Violaaa, ASUS Zenflash siap digunakan bersama dengan Zenfone 2.

zenflash9

Memang terlihat sedikit tebal tetapi masih mudah digunakan.

zenflash10

Yang perlu diperhatikan, Anda harus tetap berhati-hati saat memasang Zenflash agar jangan sampai menutupi built in flash pada kamera Zenfone. Itu karena built in pada kemera akan mengukur tingkat kecerahan di area sekitar Anda untuk mengaktifkan Zenflash bila diperlukan. Maka dari itu, Anda harus menempatkan Zenflash dengan sesuai. Contohnya seperti ini:

zenflash11

Untuk dapat menggunakan, Anda juga harus menginstalasikan aplikasi Zenflash yang dapat ditemui di Play Store dengan kata kunci “Zenflash” atau download dari link berikut:

https://play.google.com/store/apps/details?id=com.eostek.asuszenflash&hl=zh_TW

zenflash12

Berikut ini hasil test ASUS Zenfone 2 tanpa menggunakan flash:

zenflash13

Berikut ini hasil test ASUS Zenfone 2 dengan menggunakan built in flash:

zenflash14

Berikut ini hasil test ASUS Zenfone 2 dengan menggunakan ASUS Zenflash:

zenflash15

Karena ASUS Zenflash menawarkan kecerahan ratusan kali daripada lampu flash yang terpasang (built in) pada kamera, Zenflash dapat benar-bener efektif membantu meningkatkan kualitas gambar.Terutama bila Anda ingin menangkap subjek yang bergerak dalam gelap. Menggunakan ASUS Zenflash, gambar yang dihasilkan tidak akan blur.

Spesifikasi Produk ASUS Zenflash

Connector: Micro-USB OTG
Dimensions: 48 x 30 x 15.7 mm (WxDxH)
Weight: 20 g
Color: Black
Material: Plastic
Note
-OS:Android
-Guide Number: 4.8 GN
-Flash Coverage: 2.4meters (ISO 50,100,200,400 f/2.0)
-Flash Mode: Manual
-Recycle Time: 5~6 seconds
-Operating Temperature: 0°C – 45°C (32°F – 113°F)
-Input Rating: 5V, 300mA
-Compatible ZenFone Models: ZenFone 2 Series (ZE551ML/ ZE550ML/ ZE500CL/ ZE500KL/ ZE500KG/ ZD551KL/ ZE551KL/ ZE600KL/ ZE601KL )

Price: IDR299.000 (ASUS Store)

Share