Awas!!! Ada Cermin Tembus Pandang!!!

Sebenarnya cermin searah tembus pandang bukanlah barang baru. Karena kegunaannya cukup banyak, terutama untuk sekuriti atau keamanan olehnya cermin ini tetap diproduksi. Misalnya dipasang di salah satu sisi supermarket untuk mengawasi pengunjung yang suka mengutil. Atau di dinding ruang interogasi di kantor polisi. Sayangnya, banyak orang memanfaatkan cermin ini di jalan yang tidak benar.

Cermin searah adalah cermin yang di satu sisi terlihat seperti cermin biasa yang akan memantulkan refleksi atau bayangan Anda. Akan tetapi di sisi sebelahnya akan terlihat seperti kaca transparan layaknya kaca jendela biasa. Jadi bisa dibayangkan ketika Anda bercermin ada orang si belakang cermin yang tidak Anda lihat, sedang memperhatikan lekuk wajah dan tubuh Anda. Bagaimana jika cermin itu berada di ruang pribadi seperti kamar mandi hotel, restoran, ruang fitting di butik atau tempat umum lainnya? Bisa saja orang di belakang cermin itu memotret bahkan mengabadikan Anda dengan kamera video.

Lalu, bagaimana cara membedakannya?

Ikuti tips berikut ini:

  1. Tempelkan ujung (kuku) telunjuk Anda pada cermin.
  2. Perhatikan ujung kuku apakah menempel pada bayangannya di cermin atau ada jarak beberapa milimeter dengan bayangannya.
  3. Jika antara ujung kuku Anda dengan bayangannya di cermin saling menempel tanpa jarak, bisa dipastikan cermin tersebut adalah transparan atau tembus pandang satu sisi. Segera hindari.
  4. Jika antara ujung kuku Anda dengan bayangannya di cermin terdapat jarak beberapa milimeter, Anda aman. Karena cermin tersebut adalah cermin biasa.

Perhatikan gambar berikut:

Mengapa hal itu bisa terjadi?

Bisa saja. Karena pada cermin biasa, lapisan yang bisa memantulkan bayangan obyek berada pada sisi belakang cermin. Sehingga bila ada obyek yang ditempelkan di permukaan cermin menyebabkan antara obyek dengan bayangannya akan terdapat gap/jarak tergantung ketebalan cermin tersebut. Sedangkan untuk cermin tembus pandang bagian yang bisa memantulkan bayangan obyek di depannya berada pada bagian permukaan cermin. Oleh sebab itu bayangan yang terbentuk akan saling bersentuhan bila obyek ditempelkan persis dipermukaan cermin.

 

So, jangan lupa jurus ini jika suatu saat Anda ingin menggunakan cermin di luar rumah sendiri. Waspadalah!

(Sumber: http://www.jelajahunik.us/2011/01/tips-membedakan-cermin-biasa-dengan.html)

Share