Cara Mengatasi Permen Karet Di Rambut

Mendapatkan permen karet di rambut indah Anda pasti merupakan sebuah bencana. Kemudian Anda akan menangis dan mengutuk pemilik terakhir permen karet itu. Kalau sempat ke salon mungkin bisa dipertimbangkan, meski harus memotong rambut yang tidak direncanakan. Namun yang paling fatal kalau Anda kemudian melihatnya di cermin, mengambil gunting dan memotong rambut Anda dengan geram.

Apakah itu menyelesaikan masalah? Pasti tidak. Semua hal tadi adalah kepanikan Anda karena permen karet sialan itu kan? Padahal ada cara mudah dan murah untuk menghilangkan permen karet itu. Cobalah salah satu dari metode berikut ini jika suatu waktu kena musibah seperti ini lagi.

Selai Kacang

Gunakan selai kacang yang mengandung minyak atau dengan kandungan lemak yang tinggi (80 gram lemak untuk 100 gram selai kacang). Oleskan pada rambut yang terkena permen karet. Bisa menggunakan sikat gigi bekas untuk lebih merata. Jika permen karetnya menyebar, gunakan lebih banyak selai kacang. Intinya adalah melarutkan permen karet itu dengan minyak dari selai kacang. Kemudian gunakan handuk kering untuk menarik permen karet dari rambut. Semakin sedikit permen karet akan semakin mudah mengeluarkannya. Setelah itu cuci rambut dengan shampoo untuk membersihkan sisa selai kacang.

Hair Mousse Method

Gunakan mousse (foam) atau krim pengeras rambut sebanyak mungkin pada bagian yang terkena permen karet. Kemudian sisir rambut yang sudah dibasuh foam dengan sisir hingga permen karetnya keluar. Sebaiknya gunakan sisir yang rapat.

Minyak Goreng

Minyak goreng baik berupa minyak sayur atau olive oil juga bisa digunakan. Caranya cukup membasuh permen karet pada rambut dengan minyak hingga merata. Biarkan 2 sampai 3 menit. Kemudian gunakan sisir untuk menyisir rambut secara perlahan. Jangan memaksa untuk menarik jika masih lengket. Lalu gunakan ssir rapat untuk mengambil sisa-sisa permen karet dari rambut. Setelah itu cuci rambut dengan shampoo untuk membersihkannya dari minyak.

Es Batu

Cara ini adalah untuk mencoba membekukan permen karet dengan bongkahan es batu. Ambillah beberapa es batu dari kulkas dan lekatkan pada permen karet yang ada di rambut sampai esnya meleleh. Akibatnya permen karet akan mengeras karena suhu dingin es tadi. Namun, untuk melepasnya dari rambut bukan sesuatu yang mudah dan perlu kerja ekstra hati-hati agar rambut tidak putus.

Sebenarnya masih banyak cara lain untuk menghilangkan si permen karet “jahanam” itu dari rambut indah Anda. Di antaranya dengan menggunakan air panas, kondisioner, soda kue, vaseline, alkohol, hand & body lotion, mayonaise sampai penggunaan pasta gigi. Jadi, jangan menangis dulu kalau musibah ini terjadi pada Anda. Atau mungkin Anda punya tips lain?

(Sumber: wikihow.com)

Share