Cinta Ibu Tingkatkan Kualitas Otak Anak

Kasih ibu sepanjang masa, begitulah kata pepatah. Tak hanya dapat memberikan kenyamanan hidup bagi buah hati, cinta dari seorang ibu pun dapat meningkatkan kualitas pertumbuhan otak anak.

Hal tersebut terungkap dari hasil penelitian Fakultas Kedokteran Universitas Washington mengenai relativitas cinta kasih seorang ibu dengan kaitannya terhadap kecerdasan anak.

“Penelitian ini memvalidasi akan suatu hal yang tampaknya intuitif. Kasih sayang orangtua memiliki peran penting terhadap penciptaan manusia yang adaptif,” tutur penulis penelitian Joan L Luby dalam jurnal “Proceedings of National Academy of Sciences” edisi awal, sebagaimana dilansir Heathmeup, Rabu (1/2/2012).

“Hal ini dapat dilihat dari penelitian yang melakukan scan terhadap 92 anak-anak sekolah pre-schoolyang telah memiliki gejala depresi dengan yang secara mental sehat. Anak-anak yang mendapatkan kasih sayang penuh dari seorang ibu memiliki hippocampus (hipokampus) yang lebih besar. Hippocampus ini adalah suatu bagian pada otak yang merupakan area kunci untuk belajar, menyimpan memori, dan respons terhadap stres,” imbuhnya.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak-anak tanpa depresi yang telah diasuh dengan penuh kasih memiliki hipokampus hampir 10 persen lebih besar daripada anak-anak yang tidak diasuh ibunya. Penelitian ini pun menyimpulkan, bahwa perubahan di wilayah kritis dari anatomi otak anak-anak terkait dengan pemeliharaan seorang ibu.

“Kebanyakan peneliti meneliti faktor-faktor psikososial dan kinerja sekolah, tapi penelitian kali ini benar-benar menunjukkan perubahan anatomis pada otak. Anak-anak yang memiliki hippocampus yang hampir 10 persen lebih besar menjadi bukti konkret efek kuat dari adanya pengasuhan yang baik,” simpul Luby.

(sumber : health.okezone.com)

 

Share