Daging Ayam Picu Risiko Pubertas Dini Pada Perempuan

Pubertas adalah masa ketika seorang anak mengalami perubahan fisik, psikis dan pematangan fungsi seksual. Sekarang ini, banyak kasus pubertas dini terjadi pada anak-anak, dimana salah satu faktor penyebabnya berasal dari asupan makanan.

Lantas makanan seperti apa yang dapat memicu risiko terjadinya pubertas dini pada anak? Konsumsi ayam potong yang disuntik hormon ternyata dapat menyebabkan anak mengalami pubertas dini, terutama pada perempuan.

Umumnya, masa pubertas dalam kehidupan dimulai saat anak berumur delapan hingga sepuluh tahun dan berakhir lebih kurang di usia 15 hingga 16 tahun.

“Jadi itu yang kita sebut namanya endocrine distractor, suatu zat kimia yang mendestruksi mengganggu sistem endokrin tubuh,” ujar dr. Aman Bakti Pulungan, Sp.A (K), Ketua Unit Kelompok Kerja Endokrinologi Ilmu Kesehatan Anak Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), saat acara Forum Diskusi Lembaga Kajian Kesehatan dan Pembangunan, Sabtu, (16/7/2011).

Aman memaparkan, sejauh ini sudah pernah ada penelitian di Amerika Latin yang meneliti hubungan antara kebiasaan mengonsumsi ayam potong terhadap risiko terjadinya pubertas dini. Namun hasil penelitian ilmiah tersebut tidak berhasil membuktikan ada hubungan di antara keduanya.

“Tetapi case by case, saya yakin sekali, ini berpengaruh terutama pada anak perempuan. Jika misalnya memang ada kandungan zat kimia atau hormonal pada ayam tersebut,” imbuhnya.

(Sumber: TRIBUNnews.com)

Share