Kondisi Gigi Geraham Berpengaruh Terhadap Pertumbuhan Anak

Bagi Anda yang punya anak baru tumbuh gigi, perlu lebih memperhatikan perawatan gigi anak. Terutama ketika gigi geraham pertamanya mulai tumbuh. Karena gigi geraham ini berfungsi untuk mengunyah makanan. Hal ini dikemukakan oleh Drg. Yunita Dewi Ardini Sp. KGA (Pedodontist) dalam acara Kasih Ibu (Selasa, 02/08/11) di radio SPFM.

Menurut Drg. Yunita, pentingnya menjaga gigi geraham ini karena sangat erat kaitannya dengan kesehatan anak. Jika gigi ini rusak, asupan nutrisi akan berkurang yang kemudian dapat menghambat pertumbuhan anak. “Gigi geraham ini menanggung daya kunyah makanan yang paling besar di antara gigi yang lainnya. Jika ini rusak maka asupan nutrisi anak juga  akan berkurang. Akibatnya, daya tahan tubuh anak akan menurun, mudah sakit, malas makan, konsetrasi anak juga akan berkurang karena sakit gigi,” ungkapnya.

Kebanyakan orang tua tidak mengetahui bahwa gigi geraham pertama ini sifatnya permanen dan tidak tergantikan. “Gigi geraham pertama itu tidak ada gantinya. Juga tidak menggantikan gigi susu. Tumbuhnya  bersamaan  dengan gigi seri bagian depan. Gigi geraham ini tumbuh kira-kira saat anak berusia 5 – 6 tahun. Karena sifatnya permanen  dan digunakan seumur hidup, maka gigi ini mesti dirawat,” jelas Drg. Yunita.

Dia juga menambahkan sebaiknya gigi anak selalu diperiksakan  ke dokter untuk melakukan pencegahan dan pengobatan bagi yang giginya rusak. “Agar gigi gerahamnya tetap terawat sebaiknya sejak dini diperiksakan ke dokter gigi anak.  Untuk preventifnya dokter kemudian akan melapisi permukaan geraham tadi dengan bahan fissure sealant. Maksudnya agar mahkota gigi lebih terjaga dan mudah dibersihkan.”

Selain itu. dengan rutin mengunjungi dokter gigi, anak akan mendapatkan pendidikan  kesehatan gigi atau Dental Health Education dari dokter gigi anak. Pendidikan ini bertujuan  untuk mendidik anak agar  tetap menjaga kesehatan mulutnya. Seperti cara menyikat gigi dan berkumur yang benar.

 

Share