Periksa Gigi Gratis di Kampus Lama Unhas

Menyemarakkan Bulan Kesehatan Gigi Nasional (BKGN), Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI), Asosiasi Fakultas Kedokteran Gigi Indonesia (AFDOKGI) bersama Pepsodent mengadakan pemeriksaan dan perawatan gigi secara gratis. Kegiatan ini Dibuka secara resmi oleh Rektor Universitas Hasanuddin (Unhas),  Prof. DR. Dr. Idrus A. Paturusi, di Rumah Sakit Gigi & Mulut (RSGM) Halimah Daeng Sikati  Kampus Unhas Baraya di jalan Kandea Makassar,  Kamis (22/09/11).

Kegiatan yang rencananya akan berlangsung  hingga 24 September 2011 ini akan di isi dengan kegiatan pemeriksaan dan perawatan gigi secara gratis. Juga bimbingan singkat untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut.

Pada kesempatan itu, Prof. Drg. Mansyur Nasir, Ph.D, Dekan Fakultas Kedokteran Gigi Unhas mengatakan bahwa hasil penelitian ahli kedokteran gigi menunjukkan 89%  anak-anak diatas umur 12 tahun sudah mengalami karies atau lubang pada gigi. Jika kerusakan gigi pada anak ini meningkat maka akan berpengaruh pada cita-citanya yang berkaitan dengan kesehatan gigi.

“Kalau gigi berlubang pada anak itu sudah sakit, tentu penanganannya lebih berat lagi. Sehingga mau tidak mau gigi si anak harus dicabut. Ini tentunya akan mempengaruhi si anak dalam mencapai cita-citanya seperti ingin jadi dokter gigi, tentara, polisi, pilot dan lain-lain, yang salah satu persyaratan masuknya harus memiliki gigi yang baik,” kata Prof. Mansyur.

Ia juga menambahkan kegiatan ini bertujuan untuk menyosialisasikan pentingnya perawatan gigi dan mulut sejak dini. Salah satu item kegiatannya yakni penanganan masalah gigi pada anak dan masyarakat umum dengan pemeriksaan gigi secara gratis dan pendidikan singkat mengenai perawatan gigi.

“Penyelenggaraan kegiatan ini tentunya tidak terlepas dari kondisi kesehatan gigi dan mulut masyarakat Indonesia yang makin memperihatinkan. Diharapkan penyelenggaraan kegiatan tahun ini dapat menjangkau lebih banyak lagi anggota masyarakat untuk menerima pelayanan kesehatan gigi gratis. Dari informasi yang kami punya, sudah hampir mencapai 2000 anggota masyarakat yang merespon baik kegiatan ini,” katanya.

Share