Sehat Dengan Donor Darah

Tahukah Anda, bahwa dengan mendonorkan darah, tubuh akan semakin sehat?

Setidaknya, demikian pernyataan Dr. Mardiani Radjuni, Direktur Unit Transfusi Darah PMI Cabang Makassar dalam acara talk show Cantik Dan Sehat (Senin, 01/08/11) di Radio SPFM.

Menurut Dr. Mardiani, untuk memiliki tubuh yang sehat tentu harus dengan cara yang sehat pula. Cara yang sehat salah satunya yakni dengan donor darah.  Karena sehat erat kaitannya dengan pembentukan sel-sel darah. “Jika kita rutin untuk melakukan donor darah, akan berdampak baik untuk kesehatan. Hal ini dikarenakan sel-sel darah yang lama digantikan oleh sel-sel darah muda yang terbentuk,” katanya.

Dr. Mardiani juga menambahkan bahwa untuk mendonorkan darah juga memiliki syarat tertentu. Ini tergantung dengan kondisi orang yang mau mendonorkan. “Sebelum mendonorkan darah, terlebih dahulu harus dilakukan pemeriksaan kesehatan dan memenuhi persyaratan tertentu,” tambahnya.

Setiap bulan Ramadhan, Unit Transfusi Darah PMI Cabang Makassar  biasanya mengalami kekurangan persediaan darah. Hal ini disebabkan kurangnya masyarakat yang ingin mendonorkan darahnya. “Dalam bulan suci ramadhan seperti ini, kami biasanya mengalami kekurangan persediaan darah. Jadi kami sangat mengharapkan partisipasi masyarakat terutama yang non muslim untuk membantu sesame,” kunci Dr. Mardiani.

Share