“Surat”, Awal Baru bagi Fabian Winandi

Tahun 2017, Fabian Winandi kembali dengan lagu baru yang berjudul “Surat”, sekaligus menggelar Konser Tunggal pertamanya. Single “Surat” yang  dirilis pada bulan Januari 2017 ini akan menjadi single pertama dari album kedua Fabian. Bertepatan dengan momen perilisan “Surat”, Fabian dan BELS Management akan menggelar konser tunggal pertama musisi asal Bandung ini pada 4 Februari 2017.

Single baru ini direkam di Aru Studio, Bandung, setelah Fabian mencoba membuat lagu dengan warna musik baru untuk album selanjutnya. Selama masa pembuatan lagu ini, Fabian banyak menghadiri pernikahan kerabatnya dan tergerak untuk membuat sebuah lagu yang menggambarkan hubungan pasangan dari awal hingga menikah. Fabian juga mengambil inspirasi dari kisah hubungan orang tuanya yang pada saat itu banyak menggunakan surat sebagai alat komunikasi. Berdasarkan itu, Fabian, bersama kolaborator album pertamanya, Sutansyah (Penulis Lirik) dan Ari Renaldi ( Produser), menciptakan lagu “Surat” yang sangat personal.

Rasa ‘personal’ inilah yang akan di-eksplor pada single “Surat” dan album keduanya nanti, Fabian ingin lagu ini menjadi lagu yang personal untuk setiap pendengarnya. Para penggemar musik Fabian Winandi sudah merasakan bagaimana di album perdananya musisi ini menghadirkan musik untuk segala suasana yang atraktif namun romantis. Kali ini, fans Fabian bisa bersiap mendengarkan musik yang berbeda. “Kali ini musik saya lebih sarat akan cerita, setiap lagu yang ada di album kedua memiliki cerita menarik berdasarkan kisah nyata saya selama dua tahun sejak merilis album pertama saya. Bisa dibilang album ini adalah kisah perjalanan saya dan orang-orang di sekitar saya.”

Fabian sudah merilis album self-titled FABIAN pada t anggal 9 Mei 2015 lalu yang terdiri dari sembilan lagu, serta merilis 5 single selama tahun 2015-2016 yang berjudul “Mimpi”, “Mengapa”, “Bisakah Kuhentikan Waktu”, “Sturara” dan “ Senyum Untukmu” yang mendapat respon positif dari penggemar musik Indonesia. Meskipun musiknya berbeda, di single “Surat” ini masih dapat didengar ciri khas lagu Fabian yang lekat dengan suara dan permainan gitarnya yang khas yang membawa lagu-lagu di albumnya ke puncak chart radio – radio di Indonesia.

Selain lagu terbaru, tahun 2017 juga akan membawa Fabian pada konser tunggal perdananya. Konser tunggal ini akan diselenggarakan pada bulan Februari yang bertempat di IFI (Institute Francais Indonesia), Bandung. Pertunjukkan konser pun masih bersama gitarnya, kali ini dengan gitar akustik. Permainan penuh aksi melalui live-looping juga tetap akan dipertahankan. Seperti biasa, Fabian akan langsung merekam permainannya di atas panggung secara live melalui loopstation untuk diputar berulang-ulang demi menghadirkan penampilan live yang penuh meskipun sendirian. Namun, kali ini ia juga akan ditemani empat featuring artists yang akan mewarnai penampilannya di konser tersebut. Selain itu, penonton harus bersiap akan sesuatu yang berbeda dari Fabian di konser ini, karena Fabian akan menghadirkan sesuatu yang unik di panggungnya.

Lewat lagu dan konser “Surat”, Fabian Winandi juga ingin berterimakasih pada seluruh pendengarnya, karena lewat pendengar setia-nya, Fabian dapat terus berkarya dan menyampaikan musiknya, seperti apa yang ia cita-citakan sejak kecil.

“So, tell me what I should do….
….in a world without you?”

Share