ASUS ZenFone 3 Ultra, Unlimited Multimedia

Pada event Zenvolution di Bali Nusa Dua Convention Center, Rabu (7/9/2016), ASUS memperkenalkan ZenFone 3 Ultra. Seluruh aspek dari ZenFone 3 Ultra didesain untuk hiburan berbasis audio visual. Mulai dari layar FullHD 6,8 inci yang bening dan cerah, hingga ke dual-speaker SonicMaster 3.0 yang bertenaga. ZenFone 3 Ultra juga merupakan smartphone pertama di dunia yang menggunakan video processor 4K UHD sekelas TV dan juga yang pertama dengan DTS Headphone:X virtual 7.1-channel surround-sound.

zenfone-3-ultra1

Layar FullHD IPS berukuran 6,8 inci milik ZenFone 3 Ultra menawarkan color gamut yang sangat luas, yakni 95% NTSC. Nilai ini 30% lebih baik dibandingkan color gamut yang umum ditawarkan pada smartphone biasa. Hasilnya, gambar dapat ditampilkan secara luar biasa untuk menghadirkan kenikmatan multimedia dan penggunaan sehari-hari.

Dengan ZenFone 3 Ultra, semua tampak tajam seperti nyata, memungkinkan pengguna menikmati game, film, dan konten multimedia lainnya secara memuaskan, bagaikan menyaksikan di layar TV. Ukuran layar yang luas juga membuat konten lain seperti dokumen, maps dan halaman web lebih mudah dibaca dan dinavigasi.

ZenFone 3 Ultra juga memiliki fitur eksklusif berupa teknologi video processing ASUS Tru2Life+ untuk mengoptimalkan tampilan gambar. Caranya, memanfaatkan kemampuan video processor sekelas 4K UHD TV, ia akan menganalisa setiap pixel dan mengoptimalkan kontras dan ketajamannya. Tru2Life+ juga memiliki teknologi pereduksi blur yang disebut Motion Estimation/Motion Compensation (MEMC) untuk membuat video lebih mulus.

Lebih lanjut, ZenFone 3 Ultra juga dapat dihubungkan dengan TV atau monitor via port USB Type-C. Ia dapat memberikan output video lewat adapter VGA atau HDMI pada resolusi FullHD pada framerate yang sangat mulus, yakni 60fps. ZenFone 3 Ultra juga merupakan salah satu smartphone pertama di dunia yang menawarkan video output DisplayPort via USB Type-C.zenfone-3-ultra2

Yang unik dari ZenFone 3 Ultra, meskipun sudah mengunakan full metal unibody, ASUS telah menerapkan invisible antenna design dan ini merupakan yang pertama di dunia. Smartphone ini menggunakan bahan full metal framedan back cover tanpa perlu ada garis-garis antenna di sisi manapun. Itulah yang dimaksud dengan invisible antenna.

Untuk mengoptimalkan pengalaman fotografi, ASUS telah mengupdate fitur kamera pada lini ZenFone 3, termasuk ZenFone 3 Ultra dengan PixelMaster Camera 3.0 yang didukung oleh komponen gahar di dalamnya. Ia menggunakan sensor Sony IMX318 yang beresolusi 23 megapiksel dengan f/2.0, 6-element Largan lens.

Kombinasi hardware kamera ini dapat memberikan kemampuan TriTech autofocus yang secara cerdas mengambil fokus dengan memilih antara kemampuan deteksi kontras atau deteksi perubahan gerak atau laser autofocus generasi ke-2. TriTech autofocus ini diklaim ASUS juga memiliki kemampuan secepat 0.03 detik untuk mendapatkan fokus. Selain itu juga tersedia fitur 4 axis optical image stabilization (OIS), 3 axis video EIS (Electric Image Stabilization) dan sensor koreksi warna.

Selain itu, kamera juga mampu mendukung perekaman video dengan resolusi 4K. Yang menarik, meski menggunakan mode video stabilization, resolusinya tetap berada di 4K. Pada smartphone lain, umumnya jika kita menggunakan video stabilization, maka resolusi video akan menurun, misal dari Full HD ke HD.

Pada PixelMaster Camera 3.0, ASUS juga membawa sejumlah pengembangan terhadap fitur-fitur kameranya. Mulai dari Fitur HDR yang di enhance dengan kemampuan HDR auto dan HDR Pro, mode manual yang dapat mengambil foto long exposure dengan kemampuan shutter speed sampai dengan 32 detik!

Super Resolution mode yang diklaim dapat menghasilkan foto setara 92 megapiksel, Children Mode yang berguna ketika kita hendak mengambil foto anak-anak atau bayi, di mana fitur ini berfungsi dengan mengeluarkan suara-suara yang dapat menarik perhatian anak-anak atau bayi sehingga dapat melihat kamera secara tepat. Suara-suara yang ada cukup bervariasi seperti, suara ayam, piano, terompet, kicauan burung dan lainnya.

Smartphone ini dilengkapi dengan kapasitas baterai 4600mAH yang sangat besar dan teknologi quickcharge 3.0 yang dimilikinya dapat mengisi daya dari nol hingga 60% hanya dalam 45 menit. ZenFone 3 Ultra ini dapat dijadikan powerbank untuk mencharge smartphone lainnya.

zenfone-3-ultra-harga

Harga smartphone Zenfone 3 Ultra ini dihargai dengan Rp8,09 juta untuk RAM 4GB dan Storage 64GB. Diharapkan smartphone ini sudah beredar di pasaran Indonesia akhir tahun nanti.

Share