Awas, Mengucek Mata Bisa Bikin Buta!

Ada kebiasaan buruk yang dianggap remeh oleh sebagian besar orang. Kebiasaan itu adalah mengucek-kucek mata jika terasa gatal. Padahal kebiasaan mengucek-kucek mata,  apalagi dilakukan berulang-ulang, sangat berbahaya implikasinya. Kebiasaan ini bisa membahayakan mata. Karena jika terjadi sedikit saja lecet pada mata hitam, bisa mengakibatkan kebutaan.

Demikian pnjelasan dr. Azizah Anoez, Sp.M di acara Halo Dokter Radio SPFM, Rabu (21/12/2011).

Dokter Azizah juga berpesan kepada pemakai contact/soft lens (lensa kontak) agar berhati-hati. Indikasi pemakaian soft lens memang ada sehingga dianggap perlu mengkonsultasikan terlebih dahulu sebelum memakai. Salah satunya adalah pada jenis mata kering. Jadi ternyata tidak semua orang cocok memakai soft lens. Ada mata yang tidak kuat atau sensitif terhadap bahan dari soft lens ini. Makanya dampak dari lensa kontak amat berbahaya jika tidak dipahami secara baik.

Rasa gatal karena iritasi ringan sering dialami oleh pemakai soft lens dan menganggapnya biasa. Sebentar juga sembuh koq! Dikucek-kucek karena gatal akibat iritasi ringan tadi bisa berakibat fatal. Jika mata hitam luka karena dikucek-kucek ini sangat berbahaya. Higinitas harus menjadi perhatian khusus bagi pemakai soft lens, Terutama kebersihan tangan dan cairan pembersih soft lens agar tidak menimbulkan jamur. Jika ada jamur yang menempel bisa menimbulkan infeksi pada bola mata hitam dan bisa mengakibatkan kebutaan.

Selain pemakai soft lens, yang rentan terkena gangguan penglihatan adalah para pekerja bangunan dan bengkel las. Kemungkinan besar partikel-partikel kecil masuk ke dalam mata bisa mengakibatkan peradangan jika berlangsung lama dan dibiarkan. Sangat disarankan mencegahnya dengan pelindung mata. Sedangkan untuk anak-anak sebaiknya diberi alat pelindung mata pada saat berkendaraan terutama sepeda motor, untuk mencegah cahaya dan debu mengganggu penglihatan mereka.

Mengakhiri penjelasannya dr. Azizah Anoez, Sp.M  mengatakan kebiasaan menunda memang sebaiknya tidak dipelihara dalam kehidupan kita. Menunda membuat sesuatu yang ringan jadi berat atau yang biasa menjadi fatal. Apalagi yang menyangkut kesehatan mata. Segeralah periksakan kesehatan mata anda jika ada keluhan, baik yang masih ringan maupun yang sudah serius. Mata adalah salah satu indera yang memiliki fungsi sangat besar. Sedikit saja terganggu fungsi penglihatan kitapun bisa terganggu. Mencegah jauh lebih baik daripada mengobati.

 

Share