Dekranasda Sulsel Dan PHI Upayakan Peningkatan Pendapatan UKM

Sesuai dengan visi dan misinya, Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Sulawesi Selatan menjalin kerjasama dengan pihak Phinisi Hospitality Indonesia (PHI). Penandatanganan MoU berlangsung di Rumah Jabatan Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan, Rabu (15/5/2019).

“Pada hari ini, kita baru saja menjalin kerjasama yang dilakukan berdasarkan MoU dan PKS pihak Hotel The Rinra,” ujar Andi Oci selaku Wakil Ketua Harian Dekranasda Provinsi Sulsel.

Kerjasama yang disepakati adalah pembelian produk-produk UKM yang pada kesempatan ini berupa 1000 pasang sandal eceng gondok yang secara rutin akan dilakukan setiap bulannya. Jenis kerajinan eceng gondok ini dipilih guna memberdayakan UKM masyarakat yang ada.

“Selain untuk meningkatkan dan memberdayakan UKM, sandal eceng gondok juga kami pilih karena barang kerajinan ini merupakan salah satu limbah yang bisa dimanfaatkan, salah satunya menjadi sandal cantik yang bisa digunakan di hotel,” jelas Andi Oci.

Tak hanya sandal eceng gondok, produk lainnya yang juga termasuk dalam perjanjian kerjasama ini adalah pemesanan produk Kopi Toraja melalui pihak Dekranasda Provinsi Sulawesi Selatan.

“Untuk saat ini baru satu macam kopi saja, yaitu Kopi Toraja. Insya Allah kedepannya pihak PHI dengan Dekranasda akan lebih mengembangkan lagi bentuk kerjasama yang ada,” jelasnya.

Lebih lanjut, Dekranasda Prov. SulSel nantinya akan bekerjasama dengan pihak PHI berupa olahan markisa dan sarabba.

“Tadi juga disampaikan oleh Ketua PHI, yaitu Pak Anggiat, bahwa Insya Allah setelah lebaran akan mengundang seluruh anggota PHI Sulsel untuk datang acara seremonial kerjasama pihak PHI dengan Dekranasda. Insya Allah nanti akan langsung dihadiri Pak Gubernur,” tutup Andi Oci.(*/IJ)

Share