Zenfone 2 Laser Lebih Hebat dari iPhone 6s Plus!

Masa sih? Yang bener aja! Harganya kan gak ada seperempatnya! Koq bisa?

Itu ekspresi para pengguna gadget berharga premium itu ketika pertama kali mendengar pernyataan bahwa Zenfone 2 Laser lebih hebat dari iPhone mereka. Antara kaget dan tidak percaya. Sama halnya dengan para undangan yang menghadiri peluncuran Zenfone 2 Laser pada ASUS Zenfestival 2015 yang digelar di Ballroom Ritz-Carlton, Pacific Place, Jakarta hari Kamis (19/11/2015), ketika ASUS Vice Chairman Bryant Chang mengungkapkan hal itu.

kv-product“Coba lihat ini, benar-benar cepat sekali. Kita semua ingin kamera yang super cepat dengan fokus yang bisa bergerak secepat kedipan mata kita,” ujar Bryant sambil memperlihatkan slide di layar panggung dan membuat para undangan berdecak kagum dan memberi aplaus. Slide itu menggambarkan kecepatan Zenfone 2 Laser menangkap dan mengunci obyek secepat kilat. Kurang dari 0,03 detik!

ZenfoneLaser11

Lalu apa apa saja sebenarnya kelebihan Zenfone 2 Laser dari iPhone 6s Plus? Apa hanya pada auto-focus kameranya yang kurang dari 0,03 detik? Atau ada hal yang lain? Mari kita simak.

Desain Ergonomis

ZenfoneLaser3

Dari sisi desain, Zenfone 2 Laser memiliki desain ergonomis yang mudah digenggam. Terbuat dari bahan Metallic Hairline dengan bezel tipis 3.5mm. Pada dagu bagian depan memiliki concentric circle, motif melingkar yang menjadi ciri khas Zenfone. Desain Zenfone 2 Laser ini juga telah memenangkan iF Design Award. Bandingkan iPhone 6s Plus yang berdesain Full Metal Body dengan ketebalan 7.3mm. Jelas bahwa Zenfone 2 Laser lebih tipis dan lebih ringan. Perhatikan pula lubang speaker berdiameter 0,4mm yang dibuat dengan teknologi laser pada cover belakang. Serta motif concentric circle pada tombol di bawah lubang kamera.

Display S/B Ratio 72%ZenfoneLaser4

Layar atau display Zenfone 2 Laser minimal berukuran 5 inci dengan resolusi HD (729 x 1280p) yang tergolong besar. Berkat teknologi IPS, tampilan gambar di layar jernih dan level kecerahannya yang amat baik.  Sudut pandangnya yang agak lebar mencapai angka 178 derajat. Screen to body ratio atau perbandingan besar layar dengan badan smartphone ini sebesar 72%, terasa kompak dan lebih baik dibanding iPhone 6s Plus. Juga masih ada kaca Corning Gorilla Glass 4 yang lebih kuat 2,5 kali dibanding Gorilla Glass 3 dan memiliki daya tahan anti gores hingga 85%. Zenfone 2 Laser juga dilengkapi teknologi Blue Light IR Filter untuk perlindungan mata pengguna dari radiasi sinar biru yang dihasilkan cahaya LED.

Teknologi layar sentuh Ultra-Sensitif Zenfone 2 Laser dengan Glove Touch support memiliki waktu respon sentuh super cepat 60 milidetik. Serta dilengkapi dengan anti-finger print coating untuk friksi yang lebih kecil, 23-24%.

Suara SonicMaster 2.0

ZenfoneLaser7

Zenfone 2 Laser memiliki suara yang hebat berkat teknologi SonicMaster 2.0. Menggunakan 5 magnet speaker dan teknologi Algoritma Qualcomm Noise Reduction “Fluence V5″untuk performa 40% lebih baik, frekuensi bawah lebih baik 14% dan distorsi 12% lebih baik dibanding speaker smartphone di kelasnya. Smartphone ini juga dilengkapi dengan Audio Wizard 2.0 dari ICEPower yang bisa menyesuaikan mode suara dengan kondisi lingkungan. Ada 6 mode suara yang bisa dipilih yaitu smart mode, music mode, movie mode, recording mode, gaming mode dan speech mode.

Kamera Dengan Laser Auto-Focus

ZenfoneLaser6

Seperti yang sudah dikemukakan sebelumnya bahwa salah satu keunggulan smartfone ini ada pada teknologi Laser Auto-Focus yang lebih cepat dari kedipan mata. Teknologi laser ini tidak tergantung pada kondisi cahaya. Artinya, dalam keadaan gelap pun kita masih bisa mendapat fokus yang sangat sempurna dengan cepat. Perbandingannya lebih cepat dua kali dalam kondisi terang, tiga kali lebih cepat pada jarak dekat dan empat kali lebih cepat dalam kondisi minim cahaya. Ditambah fitur Zero Shutter Lag yang meminimalkan waktu pengambilan gambar, maka dijamin Anda tidak akan kehilangan momen apapun yang biasanya berlangsung amat cepat.

Kamera Zenfone 2 Laser berukuran 13MegaPixel (belakang) dan 5Megapixel (depan) memiliki teknologi PixelMaster 2.0 dan lensa 5 elemen buatan Largan Precision yang memberi ketajaman dan akurasi warna yang lebih baik. Bukaan diafragma yang super besar (f/2.0) memungkinkan smartphone ini untuk mengambil gambar yang cerah meskipun minim pencahayaan (low-light) seperti pada malam hari. Kamera Zenfone 2 Laser juga dilengkapi dengan Wide-Angle sampai 85 derajat yang memungkinkan mengambil gambar dari sudut pandang yang lebar. Sedangkan Dual Tone LED Flash-nya pun lebih terang dan menghasilkan warna yang lebih natural. Kamera smartphone ini juga mendukung mode Super Resolution untuk hasil foto seperti 52MegaPixel.

Yang juga menarik bagi Anda yang senang fotografi adalah adanya mode manual seperti halnya pada kamera DLSR profesional. Olehnya pengguna bisa mengatur nilai ISO, Shutter Speed, White Balance, Metering Focus dan Exposure Value secara manual. Jika Anda senang menggunakan efek kamera pada saat mengambil foto, ASUS juga menyediakan 12 efek kamera yang bisa digunakan secara live di antaranya efek LOMO, Vintage, Sepia, Pencil, Grayscale, Edge Effect, Pixelize dan lain-lain.

Performa Mumpuni 4G LTE Super Cepat

ASUS Zenfone 2 Laser dibekali prosesor quad-core sampai octa-core Qualcomm Snapdragon dengan clockspeed 1,2 – 1,7GHz dan GPU Adreno dengan kecepatan 450-550MHz (tergantung varian, lihat spesifikasi, red). Untuk mendukung kecepatan performa prosesor yang tergolong cepat itu, ASUS menempatkan RAM sebesar 2-3GB yang memungkinkan multi-tasking lebih optimal dan proses komputasi lebih cepat.

ZenfoneLaser5

Kebutuhan sinyal yang kuat diantisipasi ASUS dengan membenamkan teknologi ASUS Zentenna dengan 2 antena sekaligus. Antena yang digunakan adalah PIFA Antenna dengan multiple resonant modes yang membuat lebih kuat dan lebih banyak menangkap gelombang elektromagnetik. Dengan Zentenna, smartphone ini bisa menangkap sinyal lebih baik di tempat-tempat yang susah terjangkau sinyal operator.

Tidak perlu membeli smartphone high-end untuk mendapatkan teknologi 4G LTE, karena Zenfone 2 Laser juga punya koneksi internet 4G LTE yang super cepat. Koneksivitas ini dapat menembus kecepatan hingga 150Mbps (unduh) dan 50Mbps (unggah), bergantung operator yang digunakan. Sedangkan untuk koneksi Wi-Fi, smartphone ini menggunakan jaringan Wi-Fi 802.11ac Super Fast Wi-Fi yang berjalan di angka 5GHz. Dengan jaringan Wi-Fi tersebut, pengguna dapat memperoleh data hingga 433 Mbps. Atau enam kali lebih cepat dari smartphone lain yang umumnya berjalan pada kecepatan maksimal 72Mbps.

Untuk mendukung kehandalan performa yang super cepat tadi, ASUS membenamkan baterai berukuran besar dengan kapasitas 3.000mAh pada Zenfone 2 Laser. Baterai ini bisa bertahan hingga 28,42 hari (standby) dan waktu bicara selama 32,97 jam. Sedangkan jika digunakan untuk browsing sekitar 17,43 jam dan menonton video selama 13,91 jam. Angka ini jauh lebih baik dibandingkan iPhone 6s Plus sekalipun.

Antar Muka ZenUI 2.0

Seperti halnya Zenfone generasi pertama, Zenfone 2 Laser juga menggunakan teknologi antar muka ASUS ZenUI yang sudah mencapai versi 2.0 dan berjalan di platform Android 5.0.2 Lollipop. ROM ASUS ZenUI 2.0 ini sudah menjalani lebih dari 1000+ peningkatan fitur dari generasi sebelumnya dan mendapat pujian dari reviewer di seluruh dunia.

ZenfoneLaser8

Dari Segi keamanan, ASUS ZenUI diracik bersama perusahaan anti virus ternama Trend Micro Security untuk menjaga data di smartphone Anda tetap aman.

Selain itu, ASUS ZenUI 2.0 memiliki fitur antara lain Theme Store, Easy Mode, Kids Mode, SnapView, ZenMotion, Tap tap untuk membuka/mengunci smartphone, Air Link (Remote Link, PC Link, Share Link & Party Link), What’s Next, Do It Later, One Hand Operation Mode. Serta masih banyak lagi fitur-fitur yang belum dapat kami sebutkan satu persatu di sini yang bisa Anda bandingkan dengan IOS 9 milik iPhone.

Harga Terjangkau Untuk Smartphone High-End

Pada Press Launch ASUS ZenFestival 2015, ASUS CEO Jerry Shen menawarkan harga bandrol untuk 3 varian Zenfone 2 Laser sebagai berikut:

  • Zenfone 2 Laser 5 inci ZE500KL seharga Rp2.099.000
  • Zenfone 2 Laser 5,5 inci ZE550KL seharga Rp2.399.000
  • Zenfone 2 Laser 6 inci ZE601KL seharga Rp3.499.000

Harga yang tergolong murah untuk sebuah smartphone High-End. Bandingkan dengan harga sebuah iPhone 6s Plus yang di atas Rp10.000.000! (ij)

ZenfoneLaser12

Spesifikasi

Model ASUS Zenfone 2 Laser 5,0 ZE500KL
CPU Qualcomm Snapdragon 410 quad core 64-bit 1,2GHz
GPU Adreno 306 400MHz
RAM 2GB RAM
Storage 16GB + 5GB ASUS Webstorage gratis
Micro SD Yes (up to 128 GB)
Connectivity WLAN 802.11 b/g/n, BT 4.0 with A2DP, Wifi Direct, Super FastWi-FI Hotspot Capability (Tethering), MicroUSB (USB OTG), 35 mm earjack
Network Dual Antenna untuk sinyal lebih baik
4G LTE Cat4 Download speed hingga 150Mbps
LTE band 1 (2100), 2 (1900), 3 (1800), 5 (850), 7 (2600), 8 (900), dan 20 (800) MHz
SIM Card Dual Micro-SIM Support
Navigation GPS, BDS, GLONASS
Display 5 inci super bright IPS HD 720×1280 with 178’ wide view angle, 294 ppi, ASUS TruVivid Full Screen Lamination Technology
Super Scratch Corning Gorilla Glass 4

Ultra sensitive touch panel with glove touch support, ASUS ZenMotion support Touch and Motion gesture (termasuk tap-tap untuk membuka dan mengunci layar)

Video Video Recording MPEG-4 1080 @30fps

Playback MPEG-4 up to 1080p

Battery Lithium-Polimer 2070 mAh
Main Camera 13 Megapixel laser autofocus dengan waktu fokus kurang dari 0.03 detik. Diafragma besar f/2.0 5 element Largan Lens, dual tone flash, PixelMaster Camera untuk foto dan video lebih terang hingga 400%
Front Camera 5 Megapixel Autofokus dengan diafragma besar f/2.0, selfie panorama up to 140’
Sensor Accelerometer/Ambient Light/Proximity/E-Compass/Hall Sensor
Audio Dual Microphone dengan Noise Cancellation, ASUS SonicMaster untuk suara lebih jernih dan bass lebih dalam dengan 5 magnet sound chamber
OS Android 5.0 Lollipop dengan ASUS ZenUI 2.0 denganlebihdari 1000+ peningkatanfitur (What’s next, PC Link, Share Link, Quick Access, ASUS Splendid, dll)
Apps Google App, ASUS Sync, Mycloud, File Manager, Mylibrary, Supernote

BBM & Whatsapp Ready

Dimension 143,7×71,5x(10,5~3,5) mm
Weight 145g
Warna Pure Black, Glamour Red, Ceramic White, Hairline Gold, Hairline Silver
Harga Rp2.099.000

 

Model ASUS Zenfone 2 Laser 5,5 ZE550KL
CPU Qualcomm Snapdragon 410 quad core 64-bit 1,2GHz
GPU Adreno 306 400MHz
RAM 2GB RAM
Storage 16GB + 5GB ASUS Webstorage gratis
Micro SD Yes (up to 128 GB)
Connectivity WLAN 802.11 b/g/n, BT 4.0 with A2DP, Wifi Direct, Super FastWi-FI Hotspot Capability (Tethering), MicroUSB (USB OTG), 35 mm earjack
Network Dual Antenna untuk sinyal lebih baik
4G LTE Cat4 Download speed hingga 150Mbps
LTE band 1 (2100), 2 (1900), 3 (1800), 5 (850), 7 (2600), 8 (900), dan 20 (800) MHz
SIM Card Dual Micro-SIM Support
Navigation GPS, BDS, GLONASS
Display 5,5 inci super bright IPS HD 720×1280 with 178’ wide view angle, 267 ppi, ASUS TruVivid Full Screen Lamination Technology
Super Scratch Corning Gorilla Glass 4

Ultra sensitive touch panel with glove touch support, ASUS ZenMotion support Touch and Motion gesture (termasuk tap-tap untuk membuka dan mengunci layar)

Video Video Recording MPEG-4 1080 @30fps

Playback MPEG-4 up to 1080p

Battery Lithium-Polimer 3000 mAh
Main Camera 13 Megapixel laser autofocus dengan waktu fokus kurang dari 0.03 detik. Diafragma besar f/2.0 5 element Largan Lens, dual tone flash, PixelMaster Camera untuk foto dan video lebih terang hingga 400%
Front Camera 5 Megapixel Autofokus dengan diafragma besar f/2.0, selfie panorama up to 140’
Sensor Accelerometer/Ambient Light/Proximity/E-Compass/Hall Sensor
Audio Dual Microphone dengan Noise Cancellation, ASUS SonicMaster untuk suara lebih jernih dan bass lebih dalam dengan 5 magnet sound chamber
OS Android 5.0 Lollipop dengan ASUS ZenUI 2.0 dengan lebih dari 1000+ peningkatan fitur (What’s next, PC Link, Share Link, Quick Access, ASUS Splendid, dll)
Apps Google App, ASUS Sync, Mycloud, File Manager, Mylibrary, Supernote

BBM & Whatsapp Ready

Dimension 152.5 x 77.2 x 10.8 mm
Weight 170g
Warna Pure Black, Glamour Red, Ceramic White, Hairline Gold, Hairline Silver
Harga Rp2.399.000

 

Model ASUS Zenfone 2 Laser 6.0 ZE601KL
CPU Qualcomm Snapdragon 615 octa core 64-bit up to 1,7GHz
GPU Qualcomm Adreno 405 GPU550 MHz
RAM 3GB RAM
Storage 32GB + 5GB ASUS Webstorage gratis
Micro SD Yes (up to 128 GB)
Connectivity WLAN 802.11 b/g/n, BT 4.0 with A2DP, Wifi Direct, Super FastWi-FI Hotspot Capability (Tethering), MicroUSB (USB OTG), 35 mm earjack
Network Dual Antenna untuk sinyal lebih baik
4G LTE Cat4 Download speed hingga 150Mbps
LTE band 1 (2100), 2 (1900), 3 (1800), 5 (850), 7 (2600), 8 (900), dan 20 (800) MHz
SIM Card Dual Micro-SIM Support
Navigation GPS, BDS, GLONASS
Display 6 inci super bright IPS HD 720×1280 with 178’ wide view angle, 267 ppi, ASUS TruVivid Full Screen Lamination Technology
Super Scratch Corning Gorilla Glass 4

Ultra sensitive touch panel with glove touch support, ASUS ZenMotion support Touch and Motion gesture (termasuk tap-tap untuk membuka dan mengunci layar)

Video Video Recording MPEG-4 1080 @30fps

Playback MPEG-4 up to 1080p

Battery Lithium-Polimer 3000 mAh
Main Camera 13 Megapixel laser autofocus dengan waktu fokus kurang dari 0.03 detik. Diafragma besar f/2.0 5 element Largan Lens, dual tone flash, PixelMaster Camera untuk foto dan video lebih terang hingga 400%
Front Camera 5 Megapixel Autofokus dengan diafragma besar f/2.0, selfie panorama up to 140’
Sensor Accelerometer/Ambient Light/Proximity/E-Compass/Hall Sensor
Audio Dual Microphone dengan Noise Cancellation, ASUS SonicMaster untuk suara lebih jernih dan bass lebih dalam dengan 5 magnet sound chamber
OS Android 5.0 Lollipop dengan ASUS ZenUI 2.0 dengan lebih dari 1000+ peningkatan fitur (What’s next, PC Link, Share Link, Quick Access, ASUS Splendid, dll)
Apps Google App, ASUS Sync, Mycloud, File Manager, Mylibrary, Supernote

BBM & Whatsapp Ready

Dimension 164,55 x 84 x 3,5~10,55mm
Weight 190g
Warna Pure Black, Glamour Red, Ceramic White, Hairline Gold, Hairline Silver
Harga Rp3.499.000
Share