Hati-hati! Menonton TV Menyebabkan Kematian

Menonton televisi lebih dari 2 jam dalam satu hari, dapat menggiring Anda lebih cepat pada kematian, demikian klaim peneliti.

Peneliti menemukan bahwa untuk setiap dua jam menonton, meningkatkan 20% resiko berkembangnya diabetes tipe 2, 15% resiko penyakit jantung fatal atau non fatal dan 13% resiko kematian lebih tinggi dengan sebab apapun.

Penelitian Dr Anders Grontved dari University of Southern Denmark dan Dr Frank Hu dari Harvard School of Public Health ini menyebutkan, kurangnya latihan dan kecenderungan mengkonsumsi junk food saat menonton TV merupakan alasan dibalik naiknya resiko tersebut.

Temuan ini, yang dilaporkan dalam jurnal American Medical Association, datang dari analisis delapan studi yang melibatkan sekitar 235ribu orang.

Berdasarkan angka kecelakan di Amerika, peneliti memperkirakan bahwa untuk setiap dua jam menonton TV dalam sehari, ekstra 178 orang per 100 ribu beresiko terkena diabetes tipe 2 dan 38 beresiko menderita sakit jantung fatal dengan 104 kasus kematian.

Maureen Talbot, British Heart Foundation mengatakan studi ini menambahkan bukti kuat bahwa kegiatan monoton (tanpa banyak bergerak) seperti menonton TV, dapat meningkatkan resiko terkena diabetes tipe 2 dan penyakit jantung serta pernafasan.

“Saya yakin banyak orang yang menghabiskan sore harinya hanya bersantai sambil duduk-duduk menonton televisi, mengkonsumsi makanan ringan dan biskuit, meminum minuman berkadar gula tinggi atau bahkan alkohol. Tetapi ini penting untuk tak menjadikannya kebiasaan sehari-hari. Cobalah untuk lebih selektif dalam menghabiskan waktu untuk menonton TV dan beraktifitaslah. Tubuh membutuhkan setidaknya 30 menit aktivitas fisik, 5 hari dalam seminggu untuk menjaga jantung kita tetap sehat,” tutupnya.

(Sumber: Perempuan.com)

Share