Phinisi Hospitality Hentikan Penggunaan Sedotan Plastik

Bertepatan dengan Hari Tanpa Kantong Plastik Sedunia (International Plastic Bag Free Day) tanggal 3 Juli, Phinisi Hospitality Indonesia (PHI) mencanangkan “No Straw Movement” atau tidak lagi menyediakan sedotan plastik di semua unit usahanya. Hal ini dimaksudkan sebagai upaya mengurangi limbah plastik yang dapat mencemari lingkungan dan membahayakan kehidupan manusia.

“Gerakan “No Straw Movement” ini adalah bentuk kepedulian kami untuk ikut mengurangi sampah plastik yang dampaknya dapat mencemari lingkungan, mengurangi kesuburan tanah. Karena plastik susah diurai bahkan dalam perut ikan paus yang mati pun ditemukan sampai 5Kg sampah plastik. Nah, sebagai bentuk tanggung jawab moral untuk kelangsungan hidup anak cucu kita mari mulai mengurangi penggunaan plastik,” kata Arie Srie Wardoyo, Corporate Director Of Operation PHI pada jumpa pers di Executive Lounge Claro Hotel Makassar Rabu (03/07/2019) siang.

“Akan tetapi di PHI ini kita lakukan bertahap. Karena gerakan no plastic ini bukan hal yang murah. Tapi tetap harus dilakukan. Untuk awalnya “No Straw Movement” di setiap unit usaha secara bertahap. Artinya kami tetap akan memberi jika pelanggan meminta, tapi petugas kami akan mengedukasi dan menyampaikan apa alasan tidak menyediakan sedotan pada pelanggan,” tambah Arie Widodo.

Semua unit usaha Phinisi Hospitality Indonesia, The Rinra, Claro Hotel, Dalton Hotel, Almadera Hotel dan Mall Phinisi Point sepakat melaksanakan gerakan ini. Bahkan di Claro Hotel saat ini tidak menyediakan air minum dalam kemasan untuk setiap event yang diselenggarakan di hotel ini.

“Untuk paket meeting kurang dari 250 pax di Claro kami tidak menyediakan lagi air mineral botol, tapi kami ganti dengan pouring water di gelas yang terus di-refill,” kata Ricwan Wahyudi, Marcom Manager Claro Hotel.

“Setiap weekend biasanya kami bagikan gambar-gambar untuk anak-anak, namun kali ini kami ganti dengan flyer yang berupa pesan-pesan untuk tidak menggunakan sedotan plastik karena kita tahu anak-anak lebih mudah diedukasi,” kata Azis Munawir, Marcom Manager The Rinra.

“Di Mall Phinisi Point sudah ada beberapa tenant yang menerapkan ini seperti KFC dan Starbuck. Dan kami terus menghimbau untuk tenant F&B yang lain. Kami juga menghimbau seluruh tenant untuk tidak memberikan kantong plastik atau memberlakukan kantong plastik berbayar,” kata Wiwik Amaluddin, PR Phinisi Point.

Senada dengan mereka, Dalton Hotel dan Almadera Hotel juga mengakui telah melakukan hal yang sama.

Kita berharap apa yang dilakukan Phinisi Hospitality Indonesia ini dapat diikuti hotel-hotel lain. Karena sekecil apapun upaya untuk mengurangi sampah plastik yang kita lakukan akan berdampak besar bagi penyehatan dan keselamatan bumi tempat kita berpijak. Olehnya mari berbuat untuk bumi, “Save Our Planet“.(IJ)

Share