Babak Baru Bermusik Jaz Melalui “Katakan”

Jaz Hayat

“Saya mendedikasikan waktu untuk musik, sesuatu yang selalu saya cintai dari luar dandalam”, itulah potongan caption yang dituliskan Jaz melalui laman sosial media untuk mengabarkan rencana perilisan karya musik terbarunya.

Di hadapan kita semua, karir musik Jaz Hayat yang tahun ini menginjak usia 26 tahun sangatlah berkembang pesat. Ia melahirkan hit single yang sangat disukai oleh banyak orang. Diawali dengan single “Dari Mata” yang saat ini sukses dinikmati hingga 72 juta views di YouTube, disusul “Kasmaran” dengan 38 juta views di Youtube. Single lain berjudul “Teman Bahagia” juga meraih jumlah stream tertinggi di Spotify hingga 21 juta kali.

Selain itu, Jaz juga terlibat dalam pengarapan dua lagu tema untuk film Milly & Mamet berjudul “Berdua Bersama” dan “Luruh” yang hingga saat ini didengarkan lebih dari 9 juta kali di Spotify.

Sebagai musisi yang dinilai berhasil dan populer, Jaz mendapatkan tantangan personal untuk menghasilkan lagu yang lebih baik dan lebih bagus.

“Dengan bermodal 3 sampai 4 single, saya sudah berkeliling ke berbagai panggung yang ada di berbagai kota. Untuk pertunjukan dengan durasi satu jam, saya juga harus lebih banyak membawakan lagu orang lain. Semakin ke sini, saya semakin sadar dan terpacu untuk membuat lagu yang nantinya akan dibungkus ke dalam sebuah album,” begitu Jaz bercerita.

Suguhan “Katakan” Melalui Level Musik Baru Jaz

Lagu “Katakan” termasuk lagu awal yang digarap bersama Bembong Rifqy, sosok yang sehari–hari bertindak sebagai backing vokal Jaz di panggung.

“Lagu ini telah melalui perubahan beberapa kali. Awalnya “Katakan” terdengar seperti lagu pop dengan mood gembira, tapi kurang cocok sehingga mengalami penggantian ke arah sedikit slow dan mendapatkan ubahan lirik. Lalu, hasil akhirnya dipoles oleh produser asal Swedia, Erik Lewander, seperti yang bisa kita dengar sekarang.”

Menyerahkan “Katakan” kepada produser musik asal Swedia diakui Mahavira Wisnu selaku A&R Director Sony Music Indonesia sebagai langkah untuk meluaskan elemen bermusik Jaz.

“Komposisi aransemen Eric pada lagu ini memberikan sedikit ambience elektronik dengan sound yang terdengar kekinian, sedikit berbeda dari lagu Jaz sebelumnya yang jauh lebih organik, meskipun tidak terdapat perubahan drastis dari warna Jaz sebelumnya,” begitu Inu menjelaskan.

Indo–pop merupakan genre pilihan sebagai benang merah dari musik yang dibawakan Jaz. Secara lirik, “Katakan” bercerita tentang ajakan pada orang-orang agar berani mengungkapkan apa yang dirasakan; tak lagi menahan rasa.

Proses rekaman lagu “Katakan” berhasil dijalani Jaz tanpa banyak halangan, dibantu oleh Bowo Soulmate sebagai direktur vokal sehingga Jaz berhasil menyuntikkan nyawa yang tepat untuk lagu ini.

“Dalam bermusik, saya memang ngga terlalu aneh dan neko–neko. Saya ingin lagu yang gampang dinyanyikan dan terhubung dengan banyak orang, sehingga sewaktu manggung, penonton bisa ikut bernyanyi bersama,” cerita Jaz soal pandangan dia dalam berkarya.

Apakah “Katakan” dapat menyusul kesuksesan seperti lagu-lagu Jaz sebelumnya? Mari kita dengarkan keseluruhan lagu ini, terlebih pada bagian refrain yang terdengar sangat catchy!(PR/IJ)

Jaz – Katakan
Composed by Jaz, Bembong Rifqy
Music Produced by Erik Lewander
Mixed by Erik Lewander at The Kennel Studio, Swedia
Mastered by Stephan Santoso at Slingshot Studio, Indonesia
Published by Sony Music Entertainment Indonesia

Katakan

Masihkah kau ragu,
Tuk ungkapkan semua isi hati
Tidakkah kau lihat
betapa tersirat cinta ini
Coba dengarkan isi hatimu

Bila kau cinta…
Katakan katakan, Katakanlah
Bila kau Rindu…
Kau rindu Kau Rindu,Tunjukanlah
Jangan Kau Ragu…
Jangan Kau Tahan…
Katakan Saja…

Mulai kali ini
Saatnya kau jujur kepadaku
Tak inginku larut
di sepanjang penantian ini
Coba tunjukkan isi hatimu
Back to Reff

Share