Mengenal Radang Tenggorokan

Tidak semua sakit tenggorokan dan batuk dapat dikatakan sebagai radang tenggorokan. Namun radang tenggorokan bisa menyebabkan batuk, demam, amandel dan lain-lainnya. Peradangan  biasanya terjadi karena arteri pada dinding tenggorokan mengalami iritasi oleh makanan, bakteri atau kuman (infeksi sekunder).

Dr. Nani Iriani Djufri, Sp, THT di acara Hallo Dokter Radio SPFM,  Rabu (30/11/11), memaparkan secara rinci mengenai peradangan pada tenggorokan ini. Mulai dari penyebab utamanya, penanggulangannya, sampai pengobatannya serta jenis gangguan tenggorokan lainnya.

***

T: Dok, apa sih penyebab dari radang tenggorokan itu? 

J: Peradangan tenggorokan bisa disebabkan oleh banyak faktor, seperti peradangan karena iritasi makanan atau minuman yang dingin, berminyak, atau yang pedas. Selain itu juga karena alergi, kuman atau bakteri yang biasa kami sebut infeksi sekunder.

T: Jika terjadi radang tenggorokan juga berpengaruh pada suara yang mengakibatkan suara jadi serak atau parau, mengapa demikian? 

J: Radang tenggorokan jika telah melibatkan atau berpengaruh pada suara yang menjadikannya serak,  artinya peradangan yang terjadi sudah mencapai lebih dalam hingga ke pita suara. Biasanya peradangan ini telah berlangsung lama.

T: Dok, jika radang tenggorokan disertai panas atau demam?

J: Jika radang tenggorokan disertai panas atau demam, artinya peradangan tersebut disebabkan adanya infeksi sekunder akibat bakteri atau virus, untuk itu mesti di periksakan lebih lanjut.

T: Dok, apakah Amandel juga termasuk radang tenggorokan?

J: Amandel peradangannya khusus pada amandelnya saja, sedangkan  radang tenggorokan bisa meliputi amandel dan dinding tenggorokan. Pada dasarnya amandel dan radang tenggorokan memiliki gejala yang sama, sakit menelan, tenggorokan terasa kering dan bibir pecah-pecah juga  bisa disertai demam.

T: Bagaimana penanganan gejala awal yang timbul?

J: Yang lebih utama dilakukan tentu dengan menghindari  makanan atau minuman  yang dapat memperparah sakitnya. Selain itu, obat penurun panas juga bisa dikonsumsi.

Dok, bagaimana radang tenggorokan jika tidak diobati?

J: Jika tidak diobati tentu dapat berakibat fatal, namun radang tenggorokan ini sangat tergantung oleh faktor penyebab dan tergantung organ tenggorokan yang diserang. Jika dibiarkan bisa terjadi komplikasi dalam tenggorokan, seperti dapat menyebabkan radang telinga tengah, sinusitis, dan juga paru-paru.

T: Dok, apa sih pengobatan yang paling efektif untuk radang tenggorokan?

J: Pengobatan radang tenggorokan sangat tergantung penyebabnya. Jika peradangan karena iritasi tentunya akan diberikan obat yang sesuai. Kalau disebabkan kuman maka akan diberikan antibiotik untuk membunuh kuman penyebabnya.

T: Dok, apa bedanya radang tenggorokan dan penyakit difteri?

J: Pada dasarnya difteri memiliki gejala yang sama dengan amandel dan radang tenggorokan. Seperti yang telah dijelaskan, radang tenggorokan adalah peradangan pada dinding tenggorokan. Lain halnya dengan penyakit difteri, penyakit ini disebabkan oleh kuman yang cukup berbahaya. Jika terlambat penanganannya dapat menyebabkan kematian. Jika penderita dicuraigai terkena difteri maka harus dilakukan pemeriksaan lebih lanjut pada membran dalam tenggorokannya.

Share