Jampersal Mengatasi Angka Kematian Ibu dan Bayi

Mitra wanita. Apakah ingin melakukan proses bersalin di rumah sakit atau puskemas dengan baik tapi tak punya cukup uang?. Anda tidak perlu khawatir, karena Kementerian Kesehatan saat ini telah meluncurkan program Jampersal  yang merupakan singkatan dari Jaminan Persalinan.

Jampersal ini di berikan kepada semua warga negara Indonesia yang berjenis kelamin perempuan untuk melahirkan secara gratis. Program ini diharapkan bisa membantu mengurangi angka kematian ibu dan bayi.

Program Jampersal menjamin persalinan  secara gratis, mulai dari proses kehamilan sampai melahirkan. Jaminannya meliputi  biaya pemeriksaan, biaya persalinan dan pasca melahirkan (pemasang alat kontrasepsi).

“Program ini hanya di peruntukkan bagi mereka yang melakukan poses persalinan secara normal. Mulai dari melahirkan sampai pasca melahirkan,” ungkap Lusia Palulungan, SH.  Direktur LBH-APIK Makassar, Jumat (12/08/11) di Radio SPFM, Makassar.

“Jampersal Ini bisa diakses oleh siapa saja cukup dengan hanya menunjukkan KTP.  Dengan syarat saat hamil pertama sudah melaporkan kehamilannya ke rumah sakit atau puskesmas. Pasien melakukan kontrol minimal empat kali sebelum proses kelahiran dengan membawa buku control yang akan diberikan oleh dokter,” jelas Lusia.

Share