Pengidap Alergi Kebal Kanker Payudara?

Penelitian terbaru menyebutkan bahwa orang yang memiliki riwayat alergi akan terlindung dari penyakit kanker.

Rasa sakit oleh alergi dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menghindari tubuh dari serangan beberapa jenis kanker seperti kanker payudara dan kanker kulit non-melanoma.

Penelitian ini dilakukan pada 17.000 orang dewasa di Denmark dengan menguji alergi terhadap bahan kimia yaitu logam aseton, termasuk nikel dan kobalt. Orang dengan alergi biasanya timbul ruam setelah menyentuh alergen dalam waktu 24 jam.

National Allergy Research Centre di Copenhagen University Hospital Gentofte, Hellerup, Denmark menyebutkan penelitian terhadap kasus kanker yang terjadi di antara pada peserta studi dilakukan dalam jangka panjang.

Temuan menunjukkan bahwa pria dan wanita dengan alergi memiliki tingkat signifikan lebih rendah untuk terserang kanker payudara dan kanker klit non-melanoma.

Di samping itu, penelitian ini juga memperoleh hasil kalau wanita yang memiliki riwayat alergi lebih aman dari kanker otak dibanding dengan wanita normal yang tidak punya alergi.

Para peneliti mengungkapkan temuan tersebut mendukung hipotesis immunosurveillance, di mana ada teori yang menyebutkan bahwa individu dengan hyper-immunity adalah efek sampisng dari alergi. Hyper-immunity inilah yang nantinya melindungi tubuh dari beberapa kanker.

(Sumber: TRIBUNnews.com)

Share