Segar Saat Ramadhan

Berpuasa tidak hanya sebagai ibadah, acara ini bisa jadi “agenda” untuk memberi waktu istirahat bagi organ pen­cernaan yang justru bermanfaat bagi Anda.

Berikut tips yang berguna untuk Anda, agar tetap tampil fit dan segar di bulan puasa, walau usia Anda sudah memasuki 35+.

Pilih Makanan Bergizi

Jangan pernah mengurangi asupan karbohidrat selama berpuasa, sebab karbohidrat dapat mengikat air yang dibutuhkan selama kita berpuasa sehingga energi yang ada di dalam tubuh kita akan terjaga sepanjang hari. Jika Anda tidak sempat mengonsumsi menu 4 sehat 5 sempurna pada waktu sahur, gantilah dengan mengonsumsi tomat, pisang, apel, susu, atau sayur-sayuran dan air putih.

Air Putih

Minum air putih di kala sahur dan buka puasa, amat penting. Minumlah 3-4 gelas air putih saat sahur dan sebelum imsak lalu 4-5 gelas pada saat buka puasa.

Hindari Balas Dendam

Jangan cepat tergoda dengan makanan atau “balas dendam”. Makanlah dalam porsi yang secukupnya. Sebagai pembuka, minumlah secangkir teh hangat manis lalu lanjutkan dengan makan 4 butir kurma, buah-buahan atau salad.

Olah Raga Ringan

Pilih olahraga dengan intensitas gerakan yang tidak banyak menguras energi, salah satunya dengan stretching  atau pereganggan atau selain itu bisa melakukan pemanasan ringan seperti berjalan keliling ruangan dalam rumah atau ruang kantor kira-kira selama 15 menit agar otot tidak kaku.

Gunakan Pelembap

Untuk sebagian orang, berpuasa menimbulkan masalah seperti kekeringan pada kulit terutama bagi wanita yang usianya sudah memasuki usia 30 tahun. Ada be­berapa tips untuk menanggulanginya.

  • Pelembap wajah berperan penting dalam menjaga kelembapan kulit muka sehingga kulit selalu dalam keadaan lembap, oleskan setiap pagi dan siang hari pada wajah dan leher.
  • Kenakan krim tabir surya setiap kali melakukan aktivitas di luar ruangan, pilih formula yang mengandung hydralonik acid  yang berfungsi melembapkan.
  • Untuk perawatan bibir, kenakan pelembap yang mengandung vitamin E agar bibir tidak pecah-pecah.
  • Kenakan krim pelembap tubuh atau body butter minimal 2x sehari dan gunakan lebih sering apabila Anda berada di luar ruangan dan ruangan dengan pendingin udara.
  • Jangan lupa pakailah masker, sehingga kekenyalan dan kehalusan kulit wajah dapat terjaga di bulan puasa.

(Sumber : www.tabloidnova.com)

Share